Rabu, 13 Desember 2017

PWI Sumut Buka Seleksi Calon Anggota

Minggu, 3 April 2016 | 18:30

 

Analisadaily (Medan) – Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) mengundang wartawan yang bekerja di berbagai media massa untuk mengikuti Ujian Seleksi Calon Anggota Muda PWI, sekaligus Ujian Seleksi Kenaikan Status Anggota Muda Menjadi Anggota Biasa PWI.

Ujian Seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2016 mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB bertempat di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Jalan Adinegoro No.4 Medan.

Ketua PWI Sumut H. Hermansjah S.E didampingi Sekretaris Edward Thahir S.Sos dan Ketua Tim Seleksi yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi Drs. Khairul Muslim menjelaskan hal itu di Gedung PWI Sumut, Minggu (3/4/2016).

Menurut Herman, khusus untuk Ujian Seleksi Calon Anggota Muda PWI, tes tersebut terbuka bagi wartawan dari media massa mana saja baik cetak, elektronik, radio, televisi maupun online dengan sejumlah persyaratan.

Pendaftar haruslah tidak pernah dihukum oleh pengadilan karena melakukan tindak pidana yang bertentangan dengan martabat dan profesi kewartawanannya ditambah dengan menyertakan surat pernyataan atau surat keputusan pengangkatan sebagai wartawan yang ditandatangani oleh Pemimpin Redaksi/Kepala Pemberitaan media massa yang berbadan hukum Indonesia yakni Perseroan Terbatas (PT) atau Yayasan atau Koperasi.

Ketentuan berbadan hukum ini merupakan amanat Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) PWI hasil Kongres XXIII Tahun 2013 di Banjarmasin, serta Surat Edaran Dewan Pers No.01 Tahun 2014.

Pendaftar juga harus berijazah Sarjana (S-1), dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisir serta bersertifikat kompetensi atau sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Lembaga Penguji Standar Kompetensi Wartawan yang telah disahkan oleh Dewan Pers.

Selanjutnya, pendaftar haruslah berusia 40 tahun ke bawah, dibuktikan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pada saat pendaftaran membawa pasfoto ukuran 2x3 sebanyak 4 (empat) lembar, dan ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar.

Saat pendaftaran, peserta juga diharuskan membawa Laptop serta flashdisck.

Sementara itu, persyaratan bagi peserta Ujian Seleksi Kenaikan Status Anggota Muda ke Anggota Biasa terlihat serupa ditambah dengan ketentuan sudah menjadi Anggota Muda PWI selama 2 (dua) tahun.

Formulir untuk mengikuti ujian seleksi dapat diperoleh di Sekretariat PWI Sumut pada setiap hari kerja. Isian formulir dan berkas persyaratan lainnya dapat dikirim ke Sekretariat PWI Sumut paling lambat 19 April 2016.

 

Sumber:(http://news.analisadaily.com/read/pwi-sumut-buka-seleksi-calon-anggota/226973/2016/04/03)