Rabu, 13 Desember 2017

PWI Cianjur Isi Workshop Jurnalistik di SMK Gema Pelita

BELAJAR: Pengurus PWI dan narasumber serta pelajar SMK Gema Pelita berfoto bersama seusai acara Workshop Jurnalistik Tingkat Dasar di Cikijing, Selajambe, Kecamatan Sukaluyu. FOTO : MAMAT MULYADI/RADAR CIANJUR

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Dalam rangka meningkatkan kemampuan di bidang karya jurnalistik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gema Pelita menggelar acara Workshop Jurnalistik tingkat dasar di sekolah mereka yang berada di Kampung Cikijing, Desa Salajambe, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cianjur, Deni Abdul Kholik. Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, antara lain Firman Taqur dari Divisi Organisasi PWI yang juga wartawan foto Kantor Berita Antara, dan Mugi, Kontributor NetTV Perwakilan Cianjur.

Kepala SMK Gema Pelita, Ikin Sodikin, memaparkan bahwa tujuan dilaksanakannya Workshop Jurnalistik ini adalah untuk mengenalkan kepada pelajar tentang seluk-beluk dunia jurnalistik. Selain itu, untuk menumbuhkan kecerdasan dan kreativitas pelajar melalui kegiatan jurnalistik.

“Diharapkan para pelajar memiliki kemampuan mengelola media, para pelajar memiliki skill dalam pengelolaan media, mampu meningkatkan kemampuan jurnalis kaum muda secara otonom dan mandiri, dan mampu membuat media massa sendiri, minimal buletin,” kata Ikin.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PWI Cianjur, Deni Abdul Kholik, menerangkan bahwa PWI mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SMK Gema Pelita. Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman dan wawasan dunia pers kepada siswa.

“Diharapkan siswa bisa menjadi penulis kreatif. Hasilnya bisa disajikan menjadi sebuah karya komunikasi bagi publik,” paparnya.

Deni menambahkan, PWI Cianjur melalui divisi organisasi, akan segera melaksanakan kegiatan kelas menulis bagi pelajar, mahasiswa, dan umum. Tujuan diadakannya kelas menulis adalah untuk memperdalam dunia jurnalistik dan diimplementasikan di masing-masing sekolah dan umum.

“Untuk narasumber kami siapkan dari para pengurus PWI dan anggota. Tempatnya di kantor PWI Cianjur, Jalan Siliwangi,” imbuhnya.

Deni berharap, melalui Workshop Jurnalistik dan kelas menulis PWI nanti, pelajar dan masyarakat bisa melek informasi dan menguasai bidang jurnalistik, karena era saat ini sudah memasuki era informasi.

(radar cianjur/mat)

 

Sumber: (http://jabar.pojoksatu.id/cianjur/2016/03/31/pwi-cianjur-isi-workshop-jurnalistik-di-smk-gema-pelita/)