Selasa, 17 Oktober 2017

Sosialisasi 'Hate Speech' ke Kampus-kampus

Reporter : Samsul Arifin

Pamekasan (beritajatim.com) - Safari Jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, ke sejumlah perguruan tinggi di daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam, mamasuki tahap akhir.

Program dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan HUT PWI ke-70, digelar sejak Senin (11/4/2016) lalu. Serta berakhir di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat, Pamekasan.

"Safari di STAI Al-Khairat Pamekasan, menjadi program terakhir Safari Jurnalistik yang digelar PWI Pamekasan," kata Panitia Pelaksana HPN 2016 dan HUT PWI ke-70, Lutfi Alwi, Selasa (19/4/2016) siang.

Tercatat sebanyak 8 perguruan tinggi yang dijadikan sebagai sasaran Safari Jurnalistik yang bekerjasama dengan Polres Pamekasan, guna menyosialisasikan Surat Edaran Kapolri Nomor 6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (hate speech).

"Dari delapan kampus itu, masing-masing STIEBA, STAIN, UNIRA, UIM, Akper, STAI Miftahul Ulum, STIU Al-Mujtama' dan terakhir di STAI Al-Khairat Pamekasan," ungkap reporter Madura FM itu.

Pelaksanaan yang digelar di kampus yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2, dua pemateri dari anggota PWI Pamekasan, Khairul Anam dan Moh Ali Muhsin, bergantian menyampaikan garis besar tentang pengenalan dasar jurnalistik, kode etik jurnalis dan juga SE Kapolri tentang hate speech.

Sementara ratusan peserta yang memadati aula kampus, antusias menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri. Sebab pengenalan berkenaan dengan dunia jurnalistik, menjadi hal baru bagi mereka karena belum adanya jurusan yang berhubungan langsung dengan teknik informatika (TI).

Sumber: http://beritajatim.com/peristiwa/264673/sosialisasi_'hate_speech'_ke_kampus-kampus.html