Rabu, 18 Oktober 2017

Berikan Beasiswa, Bimo Sasongko Berharap Banyak Wartawan Menguasai Bahasa Asing

Selasa, 24 Mei 2016 19:59 WIB

Jakarta, HanTer - Persoalan pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, sementara negara yang kaya akan sumber daya alam ini semakin dikuasai pihak asing. Tenaga profesional yang ahli dalam berbagai bidang masih minim, sementara tantangan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) sudah di depan mata.

President Director and CEO Euro Management, Bimo Sasongko mengatakan butuh kepedulian semua pihak terutama para pemimpin perusahaan, para Gubernur, Bupati untuk memberikan beasiswa dan bantuan finansial kepada siswa siswi terlebih kepada yang berprestasi agar bisa melanjutkan kuliah di luar negeri.

"Sejak tahun 80 program Prof. Habibie setiap tahun mengirimkan 150 siswa untuk menjadi mahasiswa di luar negeri, itu dari seleksi yang luar biasa ketatnya dari ribuan peserta. Saya saat itu dari SMA 3 Bandung termasuk yang mendapatkan manfaat dari program pak Habibie," ujar Bimo kepada Harian Terbit di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Sebelumnya Bimo Sasongko yang juga Tokoh Pendidikan ini menyampaikan pentingnya menguasai bahasa asing dalam acara launching beasiswa bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Jerman, Jepang kepada para wartawan Ibukota di Kantor Pusat Euro Management Indonesia, Gedung Ir. H. Suseno Jl. R.P Soeroso No.6 Menteng Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2016).

"Malaysia saja yang penduduknya kurang lebih 30 juta jiwa terdapat 60 ribu mahasiswa mereka kuliah di luar negeri. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa hanya 50 ribu mahasiswa yang kuliah di luar negeri," sambungnya.

Selaku anak bangsa, Bimo melalui Euro Management yang didirikan bersama almamater program Prof. B.J Habibie terus berupaya mengirimkan para pemuda Indonesia agar bisa kuliah di luar negeri.

"Saat ini sudah 2.000 orang melalui Euro Management yang berangkat kuliah di luar negeri gratis, hanya menanggung biaya hidup selama kuliah di sana. Bahkan ada yang bisa sambil bekerja, dan saya tidak lihat orang kaya atau orang miskin, asal siswa siswi punya kemauan keras kami berikan kesempatan," bebernya.

Sementara itu Ketua Bidang Pendidikan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Marah Sakti Siregar mengatakan menguasai bahasa asing memang sangat diperlukan. Apalagi bagi seorang Jurnalis.

"Memang ada sebagian (wartawan) sudah menguasai bahasa asing, tapi tidak banyak. Padahal kedepannya lagi bahasa asing, Inggris, Jerman, Prancis dan lainnya sangat butuh untuk dikuasai," ujarnya.

Sakti juga menyampaikan terima kasih kepada Euro Management yang telah memberikan kursus gratis bahasa asing kepada para wartawan, yang bisa disesuaikan jadwalnya.

"Terima kasih atas kesempatan beasiswa kursus gratis kepada para wartawan," pungkas Sakti. (Danial)

Sumber: http://www.harianterbit.com/hanteriptek/read/2016/05/24/62343/22/22/-Berikan-Beasiswa-Bimo-Sasongko-Berharap-Banyak-Wartawan-Menguasai-Bahasa-Asing