Rabu, 18 Oktober 2017

PWI Jateng Kerjasama dengan FH Unissula

21 Mei 2016 2:31 WIB

 

SEMARANG – Fakultas Hukum Universitas Islam sultan Agung (FH Unissula) Semarang akan menerapkan program berijazah plus bagi lulusannya untuk memenangi dunia kerja. Dalam hal ini nantinya lulusan FH Unissula akan menjadi pembeda, karena mempunyai kualifikasi kompetensi di bidang jurnalistik.

Dekan FH Unissula Prof Jawade Hafiz menyatakan para mahasiswa akan dibekali sertifikat pendamping tidak hanya ijazah kelulusan, namun memiliki sertifikat lain contohnya dibidang jurnalistik dari PWI Jateng. ’’Ini merupakan bagian dari program FH yang sebentar lagi Kurikulim Berbasis Kompetensi (KBK) akan bermigrasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sehingga lulusan tidak haya memiliki ijazah hukum semata namun lulusan FH memiliki kualifikasi kompetensi plus dalam hal ini dibidang jurnalistik,’’ paparnya usai menandatangai MoU dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, di Gedung Pers, Jumat (20/5).

Jawade menambahkan, pers memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun komunikasi masyarakat. Oleh sebab itu, dengan kerjasama akan berkembang bidang sosialisasi hukum pers, kode etik jurnalistik.

Di dalamnya nanti mencakup penelitian, hingga pengadian oleh para mahasiswa yang menjadi salah satu syarat kelulusan.

 

Mengapresiasi Kerjasama

’’Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan PWI Jateng karena sudah mempunyai program pendidikan bagi wartawan 1 sampai 1,5 bulan. Ini yang saya pikir sangat relevan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan FH Unissula, ’’tambahnya.

Penandatangan kerjasama FH Unissula dengan PWI Jateng dihadiri oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud, Dewan Kehormatan PWI Sri Mulyadi, Ketua KPID Jateng Budi SP, Ketua program Doktor FH Unissula Prof Gunarto, Dekan FH Unissula dan beberapa dosen FH Unissula.

Sementara itu Ketua PWI Jateng mengatakan sangat terbuka dan percaya bahwa PWI Jateng mempunyai perogram kurikulum kompetensi wartawan dan sekolah jurnalisme. Selain itu kerjasasama nantinya juga akan menjadikan SDM bidang jurnalisme akan terbangun semakin bagus.

’’Ini merupakan kerjasama kali kedua setelah Udinus dan harapan kami kualitas SDM wartawan tidak hanya pandai menulis berita namun paham teknologi termasuk hukum pers. Demikian juga para mahasiswa tidak hanya mampu pada bidang hukum saja namun dapat berkembang seperti mengusaan bidang kewartawanan termasuk mereka mengikuti uji kompetensi,’’ katanya. (G4-91)

 

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pwi-jateng-kerjasama-dengan-fh-unissula/