Kamis, 24 Agustus 2017

1.000 Jurnalis Dapat Beasiswa dari Euro Management

23 Mei 2016 8:07 WIB

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing para wartawan di Tanah Air, Euro Management Indonesia & Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI) menawarkan program beasiswa bagi jurnalis. Bantuan tersebut berupa kursus bahasa asing secara gratis dan akan diberikan kepada 1.000 jurnalis untuk periode 2016-2017.

Euro Management & YPEI sudah melakukan MoU mengenai Gerakan Indonesia 2030 Beasiswa Jurnalis “Menjadi Wartawan Unggul dengan Kemampuan Bahasa Asing Menuju Indonesia 2030 dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jakarta, 20 Mei 2016. Para jurnalis diharapkan bisa menguasai bahasa asing, apalagi saat ini masuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Program yang diajarkan nanti juga tentang budaya dan wawasan kuliah di luar negeri serta pelatihan kepemimpinan terhadap para wartawan. Setelah mengikuti program beasiswa ini, diharapkan para jurnalis akan siap mental untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa dunia,” kata CEO & Presiden Direktur Euro Management Indonesia & YPEI, Bimo Sasongko.

Dia menambahkan, bahasa asing yang akan diajarkan kepada para wartawan meliputi Inggris, Prancis, Jerman, Belanda dan Jepang serta TOEFL, IELTS, SAT, GMAT & GRE. Waktu belajar yang ditentukan adalah satu kali seminggu dengan durasi pertemuan 90 menit dan bertempat di kantor Euro Management Indonesia, Jl RP Soeroso 6 Menteng, Jakarta Pusat.

“Selain kepada wartawan, kami juga memberikan pelatihan kepada pelajar dan mahasiswa Indonesia,” terang Bimo yang juga penggagas Program Beasiswa Gerakan Indonesia 2030 ini.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar mengutarakan, program beasiswa ini dapat meningkatkan potensi jurnalis ke depan, apalagi saat mereka mendapat tugas peliputan di luar negeri.

Sejauh ini,  PWI sudah menyiapkan program beasiswa S2 dan S3 buat jurnalis, namun jarang diambil lantaran terkendala izin dari kantor atau tempat mereka bekerja. “Itu yang kadang menjadi kendala untuk meningkatkan kemampuan dan potensi dari para wartawan,” ujar dia.

(Arif M Iqbal / CN26 / SM Network)

 

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/1-000-jurnalis-dapat-beasiswa-dari-euro-management/