Rabu, 13 Desember 2017

PWI Riau Apresiasi LKJ dan Seminar Jurnalistik Sampena HPN 2016 di Meranti

Jumat, 05 Agustus 2016 22:13:00

SELATPANJANG, MERANTI, ROC - Sejumlah rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti, sejak beberapa pekan kemarin hingga Kamis (4/8/2016) berlangsung sukses. 

Beberapa acara seperti lomba Karya Tulis Jurnalistik, hingga Seminar Hukum dan Etika Pers. diikuti dengan serius dan antusias oleh kalangan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bahkan, PWI Kepulauan Meranti sendiri menghadirkan narasumber dari pengurus inti PWI Riau, seperti Sekretaris Eka Putra Nazir, didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Abdul Hakim dan Satria Utama Batubara selaku Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan. Sedangkan dari Meranti yakni Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Asep Iskandar SIK MM yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Antoni L Gaol SH MH.

Ketua PWI Kepulauan Meranti, Ahmad Yuliar SIkom, dalam acara puncak yang dipusatkan di Aula (Gedung Oren) Kantor Bupati Jalan Dorak, Kamis (4/8/2016), mengatakan pelaksanaan HPN tahun ini merupakan yang kedua kalinya sejak terbentuk PWI Kepulauan Meranti dua tahun lalu.

Diakatakan Amek, sapaan akrab Ketua PWI Meranti itu, pelaksanaan peringatan HPN 2016 di Kepulauan Meranti sedikit terlambat karena terlebih dahulu menunggu selesainya pelaksanaan HPN tingkat Nasional dan Provinsi.

Meskipun tidak semeriah seperti pelaksanaan di tingkat Nasional atau Provinsi lanjut Amek, tetapi PWI Kepulauan Meranti telah berupaya semaksimal mungkin agar HPN tetap dilaksanakan dan bisa berkesinambungan.

"PWI Meranti baru berdiri kurang lebih dua tahun lebih. Tahun ini merupakan tahun kedua HPN ini kita laksanakan. Kita ingin setiap tahunnya kegiatan ini bisa dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan, sehingga bisa membangkitkan semangat rekan-rekan wartawan," ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga tidak lupa diucapkan Amek, kepada semua pihak atas suport dan dukungan, tertunya dalam pelaksanaan HPN yang digelar oleh PWI Kepulauan Meranti, sehingga pelaksanaan HPN kedua ini bisa berjalan sukses dan sesuai harapan.

" Untuk itu juga, diharapkan keberadaan pers atau wartawan sebagai pemberi informasi bisa lebih dikenal oleh masyarakat di daerah ini," ucap Amek.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris PWI Provinsi Riau, Eka Putra Nazir, mengapresiasi upaya yang dilakukan PWI Kepulauan Meranti ini. Dikatakannya, meski berumur masih sangat muda, PWI Meranti sudah bisa melaksanakan HPN, bahkan untuk yang kesekian kalinya.

"HPN ini sebenarnya dilaksanakan serentak oleh semua kabupaten/kota se provinsi, namun tidak semua yang melaksanakannya," ujarnya.

Dia menginginkan momentum peringatan HPN ini jangan sampai berlalu begitu saja, tetapi bagaimana ianya bisa memiliki makna besar bagi wartawan, khususnya perbaikan pers Indonesia. Dengan begitu, kedepan bisa pula makin mendorong nilai kemanfaatan pers bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

"PWI Meranti merupakan yang paling aktif dari 12 kabupaten/kota yang ada dalam melaksanakan peringatan HPN. Untuk itu, kita minta ini tetap dipertahankan, kalau bisa lebih ditingkatkan. Karena ada nilai tambahnya ketika HPN itu diperingati wartawan," harapnya.

Sekedar informasi, dalam Seminar Hukum dan Etika Pers sempena HPN 2016 tersebut, panitia juga mengumumkan pemenang lomba Karya Tulis Jurnalistik. Dari 10 peserta yang ikut lomba, juara atau Terbaik I diraih oleh Syamsidir (wartawan Pekanbaru MX), Terbaik II diperoleh Wira Saputra (Harian Meranti Ekspres), dan Terbaik II oleh Al Amin (Batam Pos). Selain itu, juara Harapan I Ali Imroen (Metro Riau), Harapan II Gunawan (Riau Green), Harapan III Safrizal (Go Riau). (uzi)

 

Sumber: http://riauone.com/riau/PWI-Riau-Apresiasi-LKJ-dan-Seminar-Jurnalistik-Sampena-HPN-2016-di-Meranti-