Sabtu, 25 November 2017

Dubes Korut Jalin Kedekatan Emosional Dengan Pers Indonesia

Selasa, 06 September 2016 ,

RMOL. Dutabesar Republik Demokratik Rakyat Korea, An Kwang Il, mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, untuk bersilaturahmi dengan wartawan senior Indonesia.

Dalam kunjungan itu, Dubes An mengatakan dirinya ingin menjalin kedekatan emosional dengan pers di Indonesia, sekaligus ingin memajukan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Utara.

Ia mengatakan, Korea Utara ingin dekat dengan dunia media, terutama dengan media Indonesia. Ia mengakui, selama ini, tekanan dari media-media Barat begitu besar terhadap negaranya. Lantaran itu, ia merasa perlu menyampaikan hal yang sebenarnya tentang negara mereka dan membantah propoganda yang beredar.

"Ini penting sekali. Ada permusuhan terhadap negara kami, mereka sangat massif menyebarkan propaganda negatif mengenai negara kami," ujar Dubes An di kantor PWI, Jakarta, Selasa (6/9).

"Penting bagi kami untuk menyampaikan gambaran sebenarnya tentang negara kami kepada pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia," imbuhnya.

Apalagi, lanjut Dubes An, hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Utara telah berlangsung sejak lama. Dari 10 negara ASEAN, hanya Indonesialah yang pernah dikunjungi oleh Kim Il Sung dan Kim Jong Il bersama-sama, yakni pada saat peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1965.

"Sejak itu hubungan bilateral kita punya dasar yang kokoh dan terus maju dengan baik. Sampai hari ini, di bawah pemimpin kami Kim Jong Un dan Presiden Jokowi, tetap berjalan dengan lancar," tegas Kwang Il.

Ia membeberkan, salah satu bukti kemesraan kedua belah negara adalah setiap bulan April Indonesia selalu mengirimkan delegasi ke Festival Bunga Kimilsungia di Pyongyang.

"Kami minta bantuan dari para wartawan, dunia media Indonesia, untuk mendorong hubungan bilateral yang merupakan misi utama kami," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen PWI Pusat, Hendry CH Bangun, mengungkapkan wartawan Indonesia sangat mengapresiasi informasi langsung yang diberikan Dubes Korea Utara.

"Kalau mendapat info langsung dari "tangan pertama", kami tentu senang memberitakannya," demikian Hendry. [ian]

Sumber: RMOL