Rabu, 20 September 2017

24 Media Asing Liput MU di Jakarta

Jakarta  (ANTARA News) - Sebanyak 24 media asing dengan 33 wartawannya telah terdaftar sebagai calon peliput laga Manchester United (MU) yang melakukan Tour Asia di Jakarta pada 20 Juli 2008. MU akan berhadapan dengan Indonesian All Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dalam laga persahabatan internasional.

"Sampai batas waktu yang telah ditetapkan ada 24 media asing akan meliput laga internasional ini, 11 di antaranya dari Inggris. Dari 24 media itu jumlah wartawannya mencapai 33 orang," ungkap Bidang Publikasi dan Media LOC MU Tour Indonesia, Souraiya Farina di Jakarta, Kamis (25/6).

Wartawan media lokal Indonesia yang bakal meliput, menurut Farina,  sudah tercatat 364 wartawan dari media cetak, radio dan fotografer. Jumlah itu merupakan hasil seleksi tahap kedua dan akan  diteliti kembali eksistensi media yang bersangkutan.

Keduapuluhempat media mancanegara berikut jumlah wartawan yang telah terdaftar itu adalah AFP Inggris (1 wartawan), Radio ABC Australia (2), Elsevier Magazine Amsterdam (2), Media Pack Perancis (1), News Of The World Inggris (1), Radio French Internationale (1),  Sunday Mirror Inggris (1), The Australian (1), Daily Mirror Inggris (1), Daily Telegraph Inggris (1), The Mail On Sunday Inggris (1), The People Inggris (1), The Sunday Times Inggris (1), The Times Inggris (1), Xinhua China (1), Time Out Inggris (1), Daily Express Inggris (1), AFP Filipina (1), Apple Daily Limited China (1), Time Out Filipina (1), CNN (3), Bernama Malaysia (2), MU Television (5) dan Berita Harian Malaysia (1).

"Kami akan berusaha memberikan pelayanan sebaik-baiknya karena laga ini akan diliput oleh berbagai media masa dari mancanegara. Pendaftaran akreditasi sudah ditutup," ujar Farina, yang juga Manajer Sekretariat PSSI.

Dikatakannya, akreditasi peliputan pertandingan MU dengan tim Indonesia All Star dikhususkan hanya untuk media cetak. Sedangkan media elektronik terbatas pada radio dan online.

"Para wartawan dari media televisi tidak diperkenankan melakukan liputan pertandingan langsung sesuai dengan hak eksklusif yang dimiliki oleh tvOne. Dari akreditasi yang telah masuk, di antara 364 wartawan itu 58 diantaranya para peliput dari stasiun televisi di luar tvOne," ujar Farina menambahkan. (*)