Minggu, 26 Mei 2019

Jambi Jadi Percontohan Program 1.000 Rumah Wartawan

Jakarta (ANTARA News) - Provinsi Jambi akan menjadi percontohan program 1.000 rumah untuk wartawan yang  diluncurkan Kementerian Perumahan Rakyat pada 2012.

Ketua Umum PWI Pusat, Margiono, di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa Provinsi Jambi akan dijadikan sebagai daerah percontohan program 1.000 rumah untuk wartawan oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

"Dijadikannya Provinsi Jambi sebagai daerah percontohan program tersebut karena bertepatan dengan Hari Pers nasional (HPN) pada 9 Februari 2012. Selain itu juga sudah memiliki lahan seluas dua hektar bantuan pemerintah setempat," katanya.
Selanjutnya, setelah Provinsi Jambi, daerah atau provinsi lain yang sudah memiliki lahan atau mendapatkan bantuan lahan diminta segera mengajukan permohonan untuk pembuatan rumah tersebut.

PWI Pusat akan menginventarisasi PWI cabang yang sudah memiliki lahan, selanjutnya diminta mengajukan pada Menpera untuk mmendapatkan bantuan perumahan tersebut.

Dalam keterangan terpisah, Kabid Bidang Pengkajian Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat, Odong Hidayat, ketika dihubungi mengakui saat ini Kemenpera menurunkan program rumah murah bagi masyarakat.

PWI termasuk golongan masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan tersebut dan lewat program tersebut bisa dibangunkan rumah murah.

Program rumah murah itu juga melibatkan pihak ketiga, seperti perbankan dan pengemban, termasuk pemerintah daerah.

Lewat likuiditas dari Kemenpera, pihak bank dan pengembangan serta pemerintah daerah akan bersinergi untuk melaksanakan program rumah murah tersebut.

Wartawan atau anggota PWI Jambi juga diharuskan mencicil atau membayar pembelian rumah tersebut, hanya saja diberi keringanan bunga yang rendah dan dalam jangka waktu yang panjang.

"Dengan melibatkan pihak pengembang, perbankan dan pemerintah setempat, nantinya akan dibuat kesepakatan bersama atau MoU untuk mewujudkan program tersebut," kata Odong Hidayat.  (*)