Jumat, 23 Agustus 2019

M. Agung Rajasa Raih Jurnalistik Foto Adinegoro 2011

 Persatuan Wartawan Indonesia
Razia PMKS karya M. Agung Rajasa
 
Jakarta (PWI News) - Karya jurnalistik foto berjudul "Razia PMKS" karya M Agung Rajasa dari LKBN ANTARA terpilih mendapat Anugerah Adinegoro 2011 dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2012.

Siaran pers Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang menyelenggarakan acara tersebut di Jakarta, Rabu, menyebutkan, foto pemenang yang terbit tanggal 12 September 2011 itu menampilkan seorang anak yang terjaring razia duduk meringkuh di dalam mobil tahanan, dan dari pintu mobil terlihat tangan seseorang mengeluarkan sebungkus roti.

Dewan juri Anugerah Adinegoro 2011 kategori jurnalistik foto terdiri atas Firman Ichsan (fotografer, Ketua Dewan Kesenian Jakarta/IKJ), Oscar Motuloh (Kurator Galeri Foto Jurnalistik ANTARA/GFJA) dan Enny Nuraheni (fotografer senior kantor berita Reuters) dalam sidang di Jakarta, Selasa (24/1) menetapkan karya tersebut sebagai pemenang, menyisihkan 144 karya foto lain.

Ketua dewan juri, Firman Ichsan, berpendapat bahwa foto pemenang ini kontekstual mengangkat isu sosial yang ada di Indonesia, dengan penyajian yang humanis.

Sejumlah karya foto yang diseleksi itu berasal dari kiriman para peserta atas seluruh karya yang disiarkan media massa di Indonesia sejak Januari hingga 31 Desember 2011.

Panitia Anugerah Adinegoro 2011 menyediakan hadiah sebesar Rp50.000.000 bagi peraih Anugerah Adinegoro serta trofi yang akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional 2012 pada tanggal 9 Februari di Jambi.

Sebelumnya, terdapat lima karya yang diunggulkan oleh para juri yaitu Pengungsi Syiah (ANTARA), Antri Air (KONTAN), Kemiskinan di Jakarta (KONTAN), Mencari Terang Keadilan (Kick Andy Magazine) dan Razia PMKS (ANTARA).

Anugerah Adinegoro pada tahun 2012 ini menilai karya jurnalistik dalam lima kategori yaitu jurnalistik tulis untuk karya jurnalistik berkedalaman (Depth News), Tajuk Rencana/Opini, Foto Jurnalistik, Karikatur Opini dan Jurnalistik Televisi, masing-masing untuk satu pemenang dengan hadiah masing-masing kategori Rp50 juta.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan khusus berupa jurnalistik inovasi untuk kategori siaran berita melalui media online (cyber journalism) untuk satu pemenang dengan hadiah Rp10.000.000.

Penilaian atas seluruh kategori saat ini sedang berlangsung secara bertahap dan dijadwalkan selesai pada tanggal 1 Februari 2012.

Untuk kategori jurnalistik tulis terkumpul 33 karya, tajuk rencana 33 karya, jurnalistik foto 175 karya, jurnalistik televisi 33 karya, karikatur 44 karya dan cyber journalism 13 karya. (*)