Selasa, 25 Juni 2019

Hari Pers Nasional 2016 Agendakan Kegiatan Khusus Investment Forum

Rabu, 20 Januari 2016 15:24

TRIBUNPEKANBARU.COM, MATARAM - Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi secara resmi mengundang para duta besar, perwakilan negara sahabat, investor luar negeri dan dalam negeri untuk hadir dalam Investment Forum yang diadakan secara khusus dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN 2016) di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (19/1/2015).

Dalam penjelasannya, Zainul Majdi, menyambut baik diadakannya Forum Investasi (Investment Forum) dalam HPN. Forum Investasi seperti ini, menurutnya, diyakini akan mempercepat pembangunan daerah-daerah. Terkait dengan itu, ia mengajak para insan pers untuk bersama-sama dengan pemerintah NTB memastikan kesuksesan penyelenggaraan acara bergengsi tersebut. Zainul juga berharap melalui kehadiran para duta besar negara sahabat, investor luar negeri dan dalam negeri serta pembuat kebijakan, hambatan-hambatan yang dihadapi NTB dapat segera teratasi.

“HPN akan diadakan di Kawasan Ekonomi Khusus, Mandalika, yang dipayungi oleh Peraturan Presiden. Salah satu bidang yang ditawarkan adalah pariwisata. Bidang pariwisata telah ditetapkan sebagai salah satu dari dua sektor andalan Provinsi NTB. Hal ini didasarkan atas data statistik BPS yang menunjukkan bahwa pariwisata dan sektor pendukung memberi kontribusi besar pada pendapatan domestik bruto regional. Melalui HPN ini, diharapkan citra pariwisata NTB diangkat dengan tujuan memperbanyak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan perjalanan wisatawan nusantara”, ujar orang nomor satu di NTB ini lewat rilis yang diterima Tribun, Selasa (20/1/2016).

Sementara itu, menurut Ketua HPN 2016, Teguh Santosa, dijelaskan bahwa, Investment Forum merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan dalam HPN. Dengan forum ini, HPN berharap dapat membantu menyelesaikan hambatan pembangunan yang ada dengan mempertemukan pemerintah daerah dan para investor baik dalam negeri ataupun luar negeri.

“Ini adalah sumbangsih insan pers untuk propinsi NTB yang dengan kerelaan hati dan persiapan yang matang bersedia menjadi tuan rumah HPN 2016,” ujar Teguh Santosa, yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang.

Menurut Koordinator Investment Forum, AM Putut Prabantoro, kegiatan ini akan menggunakan bahasa Inggris mengingat banyak para duta besar dan perwakilan negara sahabat yang akan hadir. Forum ini akan dipandu oleh Kornelius Purba, Senior Managing Editor dari The Jakarta Post dan bertempat di Pendopo Gubernuran Provinsi NTB.

 

Sejauh ini, negara sahabat yang akan hadir adalah Malaysia, Laos, Filipina, Singapura, Vietnam, Timor Leste, Protugal, Prancis, Jerman, Ukraina, Australia, Pakistan, Jepang. Yordania dan Korea Utara. Berharap kehadiran para duta besar, perwakilan negara sahabat ataupun para investor dalam dan luar negeri, akan memberi solusi hambatan para pemerintah daerah dalam bertemu dengan investor.

Mengingat yang akan hadir adalah perwakilan negara sahabat, panitia HPN akan berkordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia terkait dengan tata cara pergaulan internasional dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Para investor asing ataupun dalam negeri yang berkeinginan hadir dalam Investment Forum tersebut dapat mendaftarkan ke Alamat surel ini dilindungi dari spambots. Anda harus mangaktifkan JavaScript untuk melihatnya. . (*)

Source: http://pekanbaru.tribunnews.com/2016/01/20/hari-pers-nasional-2016-agendakan-kegiatan-khusus-investment-forum