Rabu, 18 Oktober 2017

Adhyaksa Dault Kibarkan Festifal Olah Raga Rakyat

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora), Adhyaksa Dault sebagai tokoh muda terpopuler semakin nyata kepeduliannya didunia olahraga dan tidak setengah-tengah. Setelah membuat pembinaan untuk Program Atlet Andalan (PAL), ia juga ingin membuat olahraga semakin dicintai rakyat.

Komitmen untuk terus mengembangkan olah raga agar dicintai rakyat Indonesia itu terbukti dengan semangat dan antusias yang tinggi. Ia membuka Festifal Olahraga Rakyat yang digelar oleh Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia yang diketuai Haryono Isman, dihadiri oleh ribuan peserta dari 20 induk organisasi keolahragaan yang tergabung dalam wadah FOMI, di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (8/2).

Antusias mereka untuk menghadiri Festival Olahraga Rakyat 2009 tersebut sangat luar biasa terbukti tak surut dengan guyuran air hujan. Para peserta yang sebagian besar ibu-ibu dengan mengikuti panduan para instruktur di beberapa panggung mini pojok lapangan begitu semangat mengikuti irama senam asli Indonesia yang disebut Poco-poco. Yang lebih menarik lagi ketika Menpora memperkenalkan senam dengan tarian yang bernama Maina dari Nias, Sumatera Utara (Sumut). Dengan dipandu staf dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Menpora turut bersenam Maina dan gayung bersambut diikuti seluruh peserta yang memadati area seputar Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah.

Menpora menegaskan dengan berolahraga, masyarakat semakin sehat, negara pun akan bertambah kuat. “Negara yang kuat akan mampu memberi fasilitas yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Dukungan pemerintah terhadap Festival Olahraga Rakyat yang digelar FOMI sebagaimana disampaikan Adhyaksa Dault sangat selaras dengan tujuan keolahragaan nasional seperti yang tercamtum dalam Pasal 4 Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN). Keolahragaan nasional bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan, kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan moral dan akhlak mulia, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa. Yang terpenting lagi keolahragaan nasional harus memperkokoh ketahanan nasional, meningkatkan harkat dan kehormatan bangsa.