Rabu, 20 September 2017

Kren, Indonesia Borong Juara Lomba Foto Wartawan ASEAN

Jumat, 27 November 2015 | 16:02 WIB

 

Karya-karya foto wartawan Indonesia memborong gelar juara lomba foto Konfederasi Wartawan ASEAN (Confederation of ASEAN Journalists/CAJ), yang diselenggarakan sehubungan peringatan hari jadi ke-40 CAJ di Hanoi, Vietnam.

Hasil penilaian dewan juri lomba foto itu diumumkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-40 CAJ, Ha Minh Hue, di hadapan delegasi wartawan ASEAN, yang tergabung dalam CAJ termasuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Acara itu dihadiri pula oleh Sekjen ASEAN, Le Luong Minh yang juga berasal dari Vietnam.

Hadiah pertama lomba foto itu diraih pewarta foto LKBN Antara, Nova Wahyudi, dengan tema foto perubahan iklim berjudul 'Sumatera Forest.' Juara kedua diraih oleh Fanny Oktavianus, juga wartawan foto LKBN Antara dengan karyanya berjudul 'South Sumatera Landfire.'

Selain dua kemenangan itu, pewarta foto Indonesia lainnya, Widodo S. Yusuf, juga dari LKBN Antara, meraih hadiah hiburan dengan karyanya berjudul "H.I. Roundabout Flooded." Satu hadiah hiburan lainnya didapat pewarta foto Rakyat Merdeka, Dwi Pambudi, dengan karya berjudul "Submerged".

Selain mendapatkan piagam penghargaan, untuk pemenang pertama dan kedua panitia memberikan hadiah uang tunai masing-masing 1000 dolar AS dan 800 dolar AS. Para pemenang hadiah hiburan masing-masing memperoleh 200 dolar AS.

Ketua delegasi PWI ke acara sidang umum CAJ ke-18 dan HUT ke-40 CAJ, Teguh Santosa, menyambut baik kemenangan para pewarta foto Indonesia tersebut.

"Kami tak menduga ternyata karya-karya foto para pewarta Indonesia bisa meraih kemenangan besar, mengingat peserta seluruhnya dari enam negara ASEAN," katanya.

Teguh menambahkan kemenangan itu sungguh tak diduga karena karya-karya dari para pesaing sebenarnya juga tampak sangat bagus. Juri yang menilai pun mewakili masing-masing negara, jadi hasil penilaian bisa dikatakan sangat obyektif.

Menurut Teguh, bisa jadi teknik yang diterapkan para pewarta foto Indonesia itu relatif memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, sebagai hasil pengalaman dalam liputan lapangan mereka saat terjadi bencana terkait perubahan iklim. Tema besar lomba foto itu sendiri berkisar para perubahan iklim.

Dari kurang lebih 100 foto yang masuk ke panitia, 60 foto terseleksi untuk dilombakan pada acara tersebut.

Sebelum pengumuman, CAJ memperingati HUT ke-40 dalam acara meriah dihadiri secara khusus oleh Deputi PM Vietnam Vu Duc Dam dan Sekjen ASEAN Le Luong Minh serta kalangan wartawan setempat. China, India dan Korea Selatan juga mengirim peninjau ke acara tersebut.

Sidang Umum ke-18 CAJ di Hanoi menandai pula perpindahan jabatan Presiden CAJ dari Benny Antiporda (Presiden Asosiasi Wartawan National Filipina) kepada Thuan Huu (Ketua Persatuan Wartawan Vietnam) yang akan menjabat dalam periode 2015-2017.

Delegasi PWI dalam kesempatan itu mengundang para anggota CAJ dari seluruh negara anggota ASEAN untuk turut dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diselenggarakan di Lombok (NTB) dalam bulan Februari 2016.

 

Sumber: http://www.galamedianews.com/index.php?menu=dunia&id=56475&judul=kren-indonesia-borong-juara-lomba-foto-wartawan-asean