Kamis, 17 Agustus 2017

Awal April, Atlet Porwanas Jalani UKW

PADANG, HALUAN — Un­tuk memenuhi tuntutan per­syaratan sebagai peserta Pe­kan Olahraga Wartawan Na­sional (Porwanas) XII 2016 di Bandung, Jawa Barat, ma­ka  Persatuan Wartawan Indo­nesia (PWI) Sumatara Barat, akan melaksanakan Uji Kom­petensi Wartawan (UKW) pada 8-9 April.

Persyaratan terbaru atlet peserta Porwanas XII, selain pemegang kartu anggota biasa PWI, mereka juga harus me­mi­liki kartu UKW. Dengan ketentuan 80 banding 20 persen. Yakni 80 persen atlet masing-masing cabang olah­raga harus memiliki kartu UKW, sedangkan 20 persen lainnya cukup dengan kartu anggota biasa.

“80 berbanding 20 persen atlet Porwanas dengan per­syaratan UKW, sudah harga mati. Tidak bisa ditawar-tawar lagi. Karena itu, kita harus segera menggelar UKW bagi atlet yang belum UKW,” ujar Basril Basyar yang akrab disapa BB, ketua PWI Sum­bar, Selasa (22/3).

Ketika Rakernas SIWO PWI di Ambon, Provinsi Maluku pada 11-13 Desem­ber 2015 lalu, ditetapkan persyaratan Porwanas untuk peserta yang telah UKW ada­lah 60 banding 40 persen. Namun, belakangan PWI Pusat melalui rapat pleno pengurus mengubahnya men­jadi 80 banding 20 persen.

Porwanas XII 2016 di Bandung, Jawa Barat yang dilaksanakan 25-30 Juli men­datang akan memper­tan­ding­kan 10 cabang olahraga, plus tiga cabang perlombaan. Yak­ni, atletik, sepakbola, futsal, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, biliar, catur, bridge dan boling. Serta lomba karya tulis jurnalistik, lomba foto jurnalistik dan lompa repor­tase radio atau televisi.

Namun, dari 10 cabang olah­raga tersebut PWI Sum­bar merencanakan hanya me­ngi­­kuti tujuh cabor. Masing-ma­sing futsal dengan ko­or­dinator Yosrizal, catur (Lai­la­tul Aidil), tenis meja (Ismet Fa­nany), bulutangkis (Tom­my), biliar (Edi Jarot), bridge (Ju­fri Syah­rudin) dan Rusdi Ba­is menjadi koordinator atletik.

Sementara itu, untuk lom­ba karya tulis jurnalistik dipercayakan kepada Khairul Jasmi sebagai koordinator, lomba foto jurnalistik (Maril Gafur) dan lomba reportase radio/TV dikoordinir Hera­nof Firdaus.

 

Pencalonan Tuan Rumah HPN

Ketua PWI Sumbar BB yang juga komisaris PT Se­men Padang sudah mengantar surat pencalonan Sumatera Barat sebagai tuan rumah pelaksana Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Soal Ranah Minang mencalonkan diri sebagai penyelenggara HPN 2017 tersebut telah men­dapatkan restu dari Gubernur Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Ra­him dan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Surat dukungan dari kepa­la daerah provinsi dan kota serta DPRD Sumbar tersebut kemarin diserahkan Ketua PWI Sumbar dan diterima Ketua Dewan Kehormatan (DK) Ilham Bintang, didam­pingi Sekjen PWI Hendri Ch. Bangun, Wakil Ketua Bidang Daerah, Sasongko Tedjo serta dihadiri Sekretaris DK Wina Armada Sukardi.

 

Sumber: http://porwanas2016jabar.com/2016/04/21/awal-april-atlet-porwanas-jalani-ukw/