Kamis, 17 Agustus 2017

SIWO Pusat Gelar Seminar Evaluasi Hasil Asian Games 2014

KBRN, Jakarta: Ajang Asian Games 2014 Incheon sudah usai, Kontingen Indonesia menempati peringkat ke-17 dengan perolehan 4 emas, 5 perak, serta 11 perunggu. Hasil ini memang meleset dari yang ditargetkan oleh Kemenpora yakni 9 emas dan berada di peringkat ke-10. 

Berangkat dari keprihatinan merosotnya prestasi Kontingen Indonesia di Incheon, SIWO Puaat bekerjasama dengan Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar seminar bertajuk"Evaluasi Hasil Asian Games Incheon 2014" di Hotel Twin Plaza, Rabu (8/10/2014).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Azhari Nasution, seminar ini digagas oleh SIWO Pusat untuk meletakan grand design pembinaan olahraga Indonesia terutama menghadapi hajatan multievent kedepannya.Terutama menghadapi SEA Games 2015 Singapura, Olimpiade 2016 Rio de Jainero, serta yang terpenting menghadapi Asian Games 2018 ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

"Seminar ini sangat penting demi perbaikan prestasi para atlet Indonesia. Evaluasi diperlukan agar kita dapat mempetakan kekuatan Kontingen Indonesia di ajang multievent. Selain itu seminar ini juga akan membahas soal penyatuan KONI dan KOI," tandas Azhari Nasution yang juga wartawan Harian Umum Suara Karya, Senin (6/10/2014).

Rencananya seminar yang akan dibuka oleh Menpora Roy Suryo itu akan dihadiri pembicara-pembicara yang berkompeten seperti tokoh dan pakar olahraga serta hukum. Para pembicara yang telah menyatakan kesiapan untuk hadir diantaranya, Sekretaris Menpora, Alfitra Salam yang akan membawakan materi berjudul, "Evaluasi Hasil Asian Games XVII 2014", 

Ketua Umum KOI Rita Subowo dengan materi, "Pentepan dan Penampilan Kontingen Indonesia di Asian Games XVII 2014", Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, "Penggodokan Para Atlet Asian Games XVII 2014", mantan pengurus KOI, Sonny Teguh, "Posisi Kemenpora Dalam Era Reformasi", pakar hukum Prof Dr. A.A Oka Mahendra, "Tinjauan Yuridis Menuju Harmonisasi Lembaga Olahraga Indonesia", serta Staf Ahli Menpora, Dr.H. Amung Ma'mun dengan materi, "Semangat Olimpiade Menunjang Peningkatan Prestasi". (IB/AKS)