Rabu, 13 Desember 2017

Sabtu Depan PWI Seleksi Atlet

PADANG, HALUAN — Se­leksi atlet Pekan Olahraga War­tawan Nasional (Por­wanas) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar bakal dilaksanakan Sabtu-Minggu (5-6/3). Iven olah­raga jurnalis XII yang di­adakan sekali tiga tahun itu bakal dilaksanakan di Ban­dung, Jawa Barat 25-30 Juli mendatang.

Dari 11 cabang yang akan dipertandingkan, PWI Sumbar bakal mengikuti tujuh cabang olahraga. Ca­bang futsal dengan koor­dinator Yosrizal, Catur (Ai­dil), tenis meja (Ismet Fa­nany), bulutangkis (Tom­my), biliar (Edi Jarot), brid­ge (Jufri Syahrudin) dan cabang atletik dipercayakan koordinatornya kepada Rus­di Bais.

“Jika tidak ada halangan, Sabtu (5/3) PWI Sumbar mulai seleksi atlet di ma­sing-masing cabang. Atlet yang berkualitas itu yang kita kirim,” terang Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, Rabu (2/3).

Khusus cabang bulu­tangkis, tenis meja dan biliar seleksinya dilaksanakan di GOR PT Semen Padang, sementara catur serta brige di kantor PWI, atletik di GOR Haji Agus Salim.

“Khusus seleksi cabang futsal, karena koor­dina­tornya Yosrizal sedang be­rada di luar daerah, ter­paksa seleksinya ditunda. Jad­walnya nanti koor­dina­to­r­nya yang akan menentukan, kapan waktu dan tempat pelaksanaan. Paling tidak satu minggu setelah seleksi awal dimulai di cabang lain,” tambahnya.

Ketua Siwo PWI Sum­bar, Hartono memaparkan, ber­dasarkan keputusan Ra­ker­nas Siwo-PWI seluruh In­donesia pada 11-13 De­sem­ber 2015 di Ambon, Ma­luku, salah satunya per­syaratannya peserta yang ikut Porwanas harus lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Pada Porwanas tersebut akan mempertandingkan 11 cabang olahraga. Atletik memperebutkan dua medali emas. Cabang billiar (3 me­dali emas), bridge (3 medali emas),  bulutangkis (3 me­dali emas). Sementara cabang catur (4 medali emas), futsal (2 medali emas). Sepakbola 1 medali emas, tenis meja (3 medali emas), tenis lapangan (3 medali emas) dan bolling (5 medali emas).

Pada Porwanas tersebut juga memperlombakan ka­rya tulis jurnalistik (1 me­dali emas), lomba foto jur­nalistik (1 medali emas), lom­ba reportase radio/tele­visi dan lomba eksebisi wartawan wanita cabangnya nanti akan menyusul.

“Dari 11 cabang yang dipertandingkan, cabang sepakbola Sumbar dipas­tikan tidak akan ikut, kare­na sistem gugur,” ujar war­tawan olahraga senior ter­sebut.

Hartono me­nam­bah­kan, pada sidang rakernas me­mutuskan persyaratan baru bagi para peserta Por­wanas 2016, kartu UKW, kartu biru PWI pusat dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jadi atlet porwanas ha­rus lulus UKW, paling tidak 60:40 persen. Artinya 60 persen lulus UKW dan 40 persen boleh tidak. Tapi porwanas berikutnya UKW harga mati,” tambahnya.

Peserta Porwanas XII 2016 adalah wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI, yang telah memiliki atau telah lulus UKW, ber­status anggota biasa atau memiliki kartu biru dike­luarkan PWI pusat yang masih berlaku.

Konfirmasi ke­ikut­sertaan kontingen berikut de­ngan daftar cabang olah­raga dan nomor per­tan­dingan yang akan diikuti, maksimal diterima panitia 30 April 2016. Nama atlet yang akan tampil berikut dengan cabang olahraga yang akan diikuti maksimal diterima panitia pada 25 Mei 2016 melalui email.

Sementara Porwanas tersebut juga mem­per­tan­dingkan tiga cabang ekse­bisi PWI pun telah menunjuk koordinatornya. Cabang lomba karya tulis jurnalistik dipercayakan kepada Khai­rul Jasmi, lomba foto jurnalistik (Marel Gafur) dan lomba reportase radio/TV koor­dinatornya ditun­juk Heranof Firdaus. (h/ows)

 

Sumber: http://harianhaluan.com/news/detail/49506/sabtu-depan-pwi-seleksi-atlet