Selasa, 17 Oktober 2017

Temu Redaktur Kebudayaan dan Festival Wartawan Seni (Feswani)

PETUNJUK TEKNIS

FESTIVAL WARTAWAN SENI (FESWANI)

SIAK, 20-25 MEI 2014

 

PENGANTAR

 

Feswani pertama ini, sebuah pencarian bentuk. Oleh karena itu diupayakan menampilkan para wartawan yang sudah mempunyai reputasi di bidangnya masing-masing, baik itu sastra, musik, tari, teater, seni rupa, fotografi, kartun dan film. Dengan begitu, akan memacu para wartawan seni untuk memperdalam proses berkeseniannya sehingga bisa tampil pada Feswani mendatang. Dan bagi pelaku seni profesional tidak akan menganggap remeh Feswani ini, beserta para pengisi acaranya. Adapun pihak yang menjaga mutu tersebut adalah tim artistik, yang didalamnya terdiri dari wartawan senior yang sekaligus para pelaku seni yang sudah mempunyai reputasi.

 

Selain peserta dari wartawan seni anggota PWI, Feswani perdana ini juga menampilkan peserta tamu. Pertama, peserta tamu dari tuan rumah yang akan bertugas membuka atau mengawali penapilan pertunjukan atau pementasan. Kedua, peserta undangan yang telah punya nama dan reputasi nasional dibidangnya. Keduanya tetap harus melalui “kendali” tim artistik. Adapun  Tim Artistik ditetapkan oleh PWI Pusat.

 

PERSYARATAN UMUM

 

1.      Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

2.      Masih aktif sebagai wartawan/redaktur seni budaya

3.      Aktif berkarya dan telah meraih reputasi lokal/nasional

4.      Mendaftarkan diri secara tertulis, dan diterima sebagai peserta oleh Tim Artistik.

5.      Datang dan pulang atas biaya sendiri.

6.      Setiap peserta berhak mendapat konsumsi dan penginapan.

 

PENDAFTARAN PESERTA

 

Waktu  : Selama bulan Maret 2014.

Tempat : PWI Riau (untuk kawasan Sumatera) via email Alamat surel ini dilindungi dari spambots. Anda harus mangaktifkan JavaScript untuk melihatnya.

              PWI Pusat (untuk luar kawasan luar Sumatera) via email Alamat surel ini dilindungi dari spambots. Anda harus mangaktifkan JavaScript untuk melihatnya.

 

PENETAPAN NAMA-NAMA PESERTA

 

Minggu pertama bulan April 2014.

Diumumkan melalui website PWI Pusat.

 

MATERI FESTIVAL/CABANG SENI

 

1). Berbalas/Perang pantun   

2). Pembacaan Puisi    

3). Pembacaan Cerpen  

4). Pementasan Tari    

5). Pergelaran Musik 

6). Pertunjukan Teater 

7). Pameran seni rupa

8). Pameran Kartun

9). Pameran Foto jurnalistik

10). Penayangan film (dokumenter/pendek)

11). Pertunjukan mendongeng

12). Pameran Buku Seni/Katalog/Poster

 

MATERI PENUNJANG DARI PERS UNTUK MASYARAKAT

 

13). Klinik Fotografi ( istruktur Arbain Rambey)

14). Workshop Kartun ( instruktur Gatot Suara Pembaruan)

15). Workshop Sketsa (instruktur Yusuf Susilo Hartono)

 

PENJELASAN TEKNIS MATERI FESTIVAL

Ad.1. Perang Pantun

 

Waktu 15 menit. Perang pantun, adalah kata lain dari tradisi berbalas pantun. Bisa satu orang, atau berkelompok 3-5 orang. Silih berganti kedua kelompok saling menjual dan membeli,  dengan topik bebas. Diharapkan masing-masing kelompok menggunakan busana adat Melayu. Materi pantun dilarang berbau SARA.

 

Ad.2 . Pembacaan Puisi

 

Waktu 5-10 menit. Puisi karya sendiri, dan tidak jiplakan. Temanya bebas. Pembacaan puisi bisa dalam bentuk musikalisasi puisi. Naskah puisi dikirim ke panitia, menyertai formulir pendaftaran. 

 

Ad.3. Pembacaan Cerpen

 

Waktu 10-15 menit. Cerpen karya sendiri dan tidak jiplakan. Temanya bebas. Nasah cerpen dikirim ke panitia, menyertai formulir pendaftaran.

 

Ad.4. Pementasan Tari

 

Waktu 7 – 15 menit. Pada saat pendaftaran, menyertai formulir, harap menyertakan 1) synopsis, 2) penari dan pekerja panggung, 3) durasi. Perlengkapan tari disiapkan peserta sendiri. Make-up disediakan panitia.

 

Ad. 5. Pergelaran Musik 

 

Waktu 10 menit. Pada saat pendaftaran, harap melampirkan  1). Judul lagu, 2). Susunan pemain (bila kelompok). Peralatan musik disiapkan sendiri. Bila lagu-lagu yang ditampilkan, khas dan unik, harap menyertakan penjelasan singkat. Instrumen dan property diharap membawa sendiri.

 

Ad. 6. Pertunjukan Teater

 

Waktu 15-20 menit. Pada saat pendaftaran, Pada saat pendaftaran, harap melampirkan  1). Sinopsis, 2). Susunan pemain (bila kelompok) dan pekerja panggung. 3). Bila lakon atau penampilannya khas dan unik, harap menyertakan penjelasan seperlunya. Instrumen dan property diharap membawa sendiri.

Ad. 7. Pameran Seni Rupa

 

Masing-masing 3-5 karya. Teman bebas. Maksimum ukuran 100 x 100 cm untuk lukisan, dan  untuk karya tiga dimensi maksimum 50 X 50 X 50 cm.  Terlebih dahulu calon peserta mengirim foto lukisan, ataupun rancangan. Pengiriman menjadi tanggung jawab peserta, dan pemulangan tanggungjawab panitia. Menyertai formulir, harap disertakan judul karya, tahun, medium, ukuran.

 

Ad. 8. Pameran Kartun

 

Masing-masing 3-5 karya. Tema bebas. Maksimum ukuran pigura 60 X 60 cm. Terlebih dahulu image kartun dikirim  ke panitia, melampiri formulir. Disertai keterangan judul, tahun, medium dan ukuran. Pengiriman menjadi tanggung jawab peserta, dan pemulangan tanggungjawab panitia. 

 

Ad. 9. Pameran Foto Jurnalistik

Masing-masing  3-5 karya. Tema bebas.  Maksimum ukuran pigura 60 X 60 cm. Terlebih dahulu image foto dikirim  ke panitia, menyertai formulir. Disertai keterangan judul, tahun, medium dan ukuran. Pengiriman menjadi tanggung jawab peserta, dan pemulangan tanggungjawab panitia. 

 

Ad. 10. Penayangan film (dokumenter/pendek)

 

Durasi 10-15 menit. Tema bebas, tetapi tidak menyinggung SARA. Film dikemas dalam bentuk DVD, disertai keterangan judul, tahun, durasi, lokasi, tim produksi.

 

Ad.11. Pertunjukan mendongeng

 

Waktu 8-10 menit. Tema bebas, tetapi tidak menyinggung SARA. Disertakan judul, waktu, dan synopsis, menyertai formulir pendaftaran.

 

Ad. 12. Pameran Buku Seni/Katalog/Poster

 

Masing-masing 1- 5 buku. Boleh buku kumpulan puisi, cerpen, novel, lukisan, teater, tari, arkeologi, tradisi, kumpulan esai seni, monografi, dan buku seni budaya lainnya, termasuk poster dan katalog seni.  Pengiriman menjadi tanggung jawab peserta, dan pemulangan tanggungjawab panitia. 

 

 

Catatan:

1). Setiap pendaftar menyertakan foto diri dengan gaya santai.

2). Cek panggung dan cek sound disediakan waktu pagi - siang- sore, pada hari yang sama.

3). Properti dan kostum membawa sendiri.

4). Pertunjukan bertempat di Panggung Siak Bermadah (seberang Istana Siak).

5). Pameran bertempat di Gedung Tengku Mahratu (seberang Istana Siak).

 

PENJELASAN TEKNIS MATERI PENDUKUNG

 

Ad.13. Klinik Fotografi

Istruktur Arbain Rambey – Kompas.  Hari Rabu, 21 Mei 2014,  pukul 08.00-13.00.

Tempat di Lembaga Adat Melayu. Peserta, siswa, mahasiswa, guru, umum, sebanyak 50-100 orang (putra-putri).  Membawa kamera sendiri, dan sebuah foto yang sudah dicetak ukuran 10 R, dengan menyebutkan data pemotretan. 

 

Ad.14.  Workshop Kartun

 

Instruktur Gatot Eko Cahyono - Suara Pembaruan. Hari Kamis, 22 Mei 2014, pukul 08.00- 13.00. Tempat di Lembaga Adat Melayu. Peserta, siswa, mahasiswa, guru, umum, sebanyak 50-100 orang (putra-putri).  Membawa peralatan sendiri.

 

15. Workshop Sketsa

 

Instruktur Yusuf Susilo Hartono – Majalah Galeri. Hari Sabtu, 24 Mei 2014, pukul 08.00- 13.00. Tempat Lembaga Adat Melayu/ Istana Siak. Peserta, siswa, mahasiswa, guru, umum, sebanyak 50-100 orang (putra-putri).  Membawa peralatan sendiri.

 

 

Catatan:

1). Karya hasil workshop/klinik menjadi milik peserta masing-masing dan dapat dibawa pulang.

2). Peserta menyiapkan peralatan sendiri-sendiri, termasuk bertanggungjawab atas kerusakan atau bila terjadi kehilangan.

 

Penutup

 

Jika terdapat hal-hal yang belum diatur secara detil dalam petunjuk teknis ini, akan disempurnakan kemudian.

 

 

Jakarta, 6 Maret 2014.

 

Tim Artistik

 

1. Arbain Rambey

2. Gatot Eko Cahyono

3. Deny Kurnia

4. Hendry Ch. Bangun

5. Martha Sinaga

6. Willy Hangguman

7. Yusuf Susilo Hartono