Minggu, 23 Juli 2017

Temu Redaktur Kebudayaan dan Festival Wartawan

Setelah dua tahun berturut-turut digelar di Jakarta, untuk pertama kalinya Temu Redaktur  III/2014  akan digelar di luar Jakarta, tepatnya di Siak, Riau, tanggal 20-22 Mei 2014 bertepatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional. Acara ini digelar atas kerjasama PWI, Kemdikbud dan Pemkab Siak – Riau. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab redaktur kebudayaan terhadap peningkatan mutu pemberitaan seni budaya di medianya masing-masing. Khususnya yang bersumber pada masalah dan kekayaan seni budaya lokal, untuk menjawab tantangan politik kebudayaan dan kebudayaan politik di tanah air. Selain itu untuk memberikan masukan dan mendesak kepada pemerintahan yang baru untuk menyusun Strategi Kebudayaan sebagai arah dan pedoman pembangunan bangsa Indonesia kedepan.

 

Bersamaan dengan itu, akan diiringi oleh penyelenggaraan pertama kalinya Festival Wartawan Seni (Feswani). Festival ini merupakan ajang ekspresi keativitas para wartawan seni budaya, baik dalam bidang sastra (termasuk didalamnya pantun), musik, tari, teater, seni rupa, fotografi, kartun, film, buku, dan poster.

TEMU REDAKTUR KEBUDAYAAN

 Terkait dengan Temu  Redaktur Kebudayaan (TRK ) III/2014 kami mohon kesediaan Saudara untuk mengirim seorang pengurus yang membidangi seni budaya sebagai peserta. Selain itu mohon merekomendasikan seorang redaktur kebudayaan yang kompeten dari media yang memiliki rubrik kebudayaan. Dengan catatan, yang bersangkutan (baik orangnya maupun medianya) belum pernah mengikuti acara ini sebelumnya. Oleh karena sifatnya rekomendasi, maka nama redaktur bersangkutan tidak otomatis diterima sebagai peserta. Kami akan melakukan Verifikasi administrasi terlebih dahulu, untuk memutuskan seorang redaktur yang direkomendasikan dapat kami terima atau tidak. Mohon diketahui, untuk menjaring peserta (redaktur/media) yang berkompeten, kami juga membuka jalur pendaftaran perorangan/mandiri, dan undangan khusus. Masa pendaftaran /rekomendasi peserta berlangsung hingga 28 Maret 2014.  

 Panitia akan menanggung tiket dan akomodasi bagi  peserta TRK III/2014.  Tiket akan dikirim sebelumnya melalui email, bersamaan dengan SPPD (untuk selanjutnya dimintakan cap dan tandatangan pengurus PWI setempat, kemudian berkasnya dibawa-serta ke Siak). Bagi peserta dari Indonesia Timur, diberi keistimewaan bisa datang sehari sebelumnya, dan  pulang sehari sesudahnya, sepanjang terkait dengan teknis/jadwal penerbangan. Adapun kewajiban seluruh peserta, aktif mengikuti setiap  rangkaian acara dari awal sampai akhir. Termasuk mengikuti lomba penulisan, pasca temu redaktur, dengan sejumlah hadiah yang disiapkan oleh Bupati Siak, serta menghadiri acara penerimaan hadiah bagi para pemenangnya nanti.

 FESTIVAL WARTAWAN SENI (FESWANI)

                                                                                                                    

Feswani pertama ini, bisa disebut sebagai rintisan dan upaya mencri bentuk. Konsep pokoknya, adalah festival ini tidak hanya dari wartawan untuk wartawan, melainkan juga dari wartawan untuk masyarakat. Pesertanya terdiri dari dua kategori: (1) Peserta utama para  wartawan (redaktur) seni dan non seni (anggota PWI) yang telah punya reputasi lokal/ nasional, (2) Peserta tamu/undangan. Mereka ditanggung penginapan dan konsumsi, namun tiket  PP ditanggung sendiri. Oleh karena itu, peserta Feswani I ini diharapkan banyak diikuti oleh para wartawan (redaktur) seni budaya dari Pulau Sumatera, tanpa bermaksud menutup kesempatan bagi rekan  wartawan seni dari luar Sumatera yang berminat menjadi peserta.

 

Festival ini merupakan ajang ekspresi keativitas para wartawan seni budaya, baik dalam bidang sastra (termasuk didalamnya pantun), musik, tari, teater, seni rupa, fotografi, kartun, film, buku, dan poster. Festival ini, diampu atas kerjasama PWI (Pusat, Riau, Siak) dengan Pemkab Siak, dengan dukungan Kemdikbud.

 

LOMBA PENULISAN TENTANG SIAK

 Melengkapi Temu Redaktur Kebudayaan dan Feswani, akan diselenggarakan Lomba Penulisan tentang Siak. Temanya tentang “Siak, Melayu dan Indonesia”. Tulisan sudah pernah dimuat di muat di media masing-masing, sejak usai acara Temu Redaktur dan Feswani, pada akhir Mei – hingga 31 Juni 2014. Lima tulisan terbaik akan diumumkan bulan Agustus 2014. Dan penulisnya akan diundang ke Siak untuk menerima penghargaan.

 Penjelasan lebih lanjut dari tiga kegiatan diatas silakan baca proposal dan petunjuk teknis yang ada. Kami mohon bantuan dan kerjasamanya, agar acara kita ini bisa berlangsung lancar dan sukses. Bila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan menghubungi kami. Terima kasih.

 

PENGURUS PUSAT

PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA

 

 

DTO                                                    DTO

 

                                                                                  

Hendry Ch. Bangun                           Yusuf Susilo Hartono

 Sekretaris Jenderal                              Departemen Wartawan

                                                                          Film, Kebudayaan dan Pariwisata