Rabu, 20 September 2017

Pemenang Lomba Penulisan SIAK 2014

PEMENANG LOMBA PENULISAN SIAK 2014

 

 

Sebagai tindak lanjut Temu Redaktur Kebudayaan III/2014 yang diselenggarakan oleh PWI Pusat bekerjasma dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan  dan Pemkab Siak, di Siak –Riau, Mei lalu, diselenggarakan Lomba Penulisan Siak dari Sudut Kebudayaan. Tujuan lomba ini, antara lain untuk mengapresiasi Siak yang selama ini telah menyumbangkan kebudayaannya pada Republik Indonesia, sejak Sultan Syarif Kasim II menyerahkan tahta, kerajaan, wilayah dan rakyat Siak kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia via Presiden Soekarno.

 

Tim Yuri yang terdiri dari Hendry Ch. Bangun (Sekjen PWI Pusat) Ketua merangkap anggota, Priyambodo RH (Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr.Sutomo) anggota, dan  Yusuf Susilo Hartono ( Ketua Departemen Wartawan Film, Kebudayaan dan Pariwisata PWI Pusat) anggota,telah menilai tulisan para peserta  pada babak final, sebanyak  37 feauture, esai, dan berita mendalam yang telah terbit, disiarkan, ditayangkan di media cetak, radio dan online,  di kawasan Pulau Sumatera, Jawa, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, sepanjang bulan Juli-Oktober. Berpegang pada tiga aspek pokok penilaian:  kesesuaian dengan tema, kedalaman isi dan kreativitas, dan  bahasa. Disamping memperhitungkan juga kuantitas (seri) tulisan.

 

Adapun pemenangnya sebagai berikut:

Juara I: Saripudin, Palangka Pos- Kalteng,

judul tulisan  Dari Luka Yang Sama, Menuju Kota Istana, serial 6 tulisan).

Juara II : Nurul Hidayati, Lombok Pos-NTB,

Melihat Kemegahan Istana Siak, serial 5 tulisan).

Juara III : Putu FajarArcana-Kompas,Jakarta

Di Istana Raja Siak Bersajak. (3/4 halaman)

 

Harapan I : Zacky Wahyudi Faqih- Radio dan Online DWMS-NTT,

Siak Kota Wisata Sejarah dan Budaya Melayu (seri 2 tulisan, dan seri 2 kali siaran)

Harapan II : Yuliawan Andrianto, online vivaborneo.com- Kaltim,  

Sultan Syarif Kasim II, Teladan dari Tanah Melayu”. (seri dua tulisan)

Harapan III : Iranda Novandi, Analisa- Aceh,  

Berwisaya Sejarah Melayu Negeri Siak Sri Indrapura (seri 2 tulisan).

 

Keputusan Yuri tidak bisa diganggu gugat. Pembagian hadiah akan dilakukan di Siak pada bulan Desember. Kepada para pemenang kami ucapkan selamat, teriring ucapan terima kasih kepada para redaktur/peserta lomba yang belum beruntung. Informasi lebih lanjut akan disampaikan kepada masing-masing pemenang.

 

 

 

Jakarta, 20 November 2014

Atas nama pelaksana lomba,

 

 

Yusuf Susilo Hartono

Departemen Wartawan Film, Kebudayaan dan Pariwisata PWI Pusat