Kamis, 24 Agustus 2017

Wartawan Bontang Post Lulusan Terbaik UKW ke-VIII Garapan PWI Kaltim

Dari Pelaksanaan UKW ke-VIII Garapan PWI Kaltim

Kamis, 17 Maret 2016

TERBAIK: Herdi Jaffar menerima cendera mata dari salah seorang penguji Encub Soebekti, setelah mendapat nilai tertinggi saat UKW. Redaktur Bontang Post Rachman Wahid (baju batik) saat mengikuti uji kompetensi. (IST)

 

Sebagai media cetak terbesar di Kota Taman, Bontang Post terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu upaya media lokal pertama di Bontang ini adalah rutin mengirim wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Sebagai informasi, UKW digelar untuk mencegah adanya wartawan abal-abal. Hal itu sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan. Pasalnya, tanpa wartawan dan perusahaan yang berkompeten, narasumber memiliki hak untuk menolak diwawancara atau ditemui.

Nah, teranyar Bontang Post mengirim dua wartawan terbaiknya, Herdi Jaffar dan Rachman Wahid untuk mengikuti UKW ke-XIII yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda, 15-16 Maret. Dua wartawan Bontang Post ini mengikuti UKW kategori madya untuk jabatan redaktur.

Selain keduanya, kegiatan ini diikuti 13 peserta dari berbagai media di Kaltim dan Kaltara. Rinciannya, tujuh peserta untuk kategori madya dan enam kategori muda. Seluruh peserta diuji oleh perwakilan jajaran Dewan Pendidikan PWI Pusat, Banjar Chaeruddin, Encub Soebekti, dan Uyun Achadiat.

Tim penguji memberikan sembilan jenis tes kepada peserta. Beberapa di antaranya adalah simulasi rapat redaksi, wawancara, perencanaan liputan investigasi, menulis berita feature, hingga uji jaringan.

Hasil akhirnya, seluruh peserta dinyatakan lulus, artinya semua peserta dianggap berkompeten. Namun spesialnya, wartawan Bontang Post Herdi Jaffar ditunjuk sebagai peserta terbaik. Pasalnya, dia mampu mendapatkan nilai tertinggi dari peserta lainnya.

 

Sumber: http://bontang.prokal.co/read/news/3868-wartawan-bontang-post-lulusan-terbaik-ukw-ke-viii-garapan-pwi-kaltim.html