Selasa, 17 Oktober 2017

Uji Kompetensi, Wadah Tingkatkan Kemampuan Wartawan

Senin, 21 Maret 2016

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Sulawesi Utara (Sulut) dipusatkan di Kota Bunga. Uji kemampuan jurnalistik ini dibuka secara langsung oleh Orang Nomor 1 Kota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak  di Rumah Dinas Walikota Tomohon, Senin (21/3).

Walikota mengatakan kegiatan UKW sangat penting diikuti oleh para insan pers. "Kegiatan ini penting untuk meningkatkan profesionalisme wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)," ujar Eman saat membuka UKW di Rumah Dinas Walikota Tomohon.

Ia menambahkan, selain meningkatkan peran dan fungsi, kemampuan wartawan juga diasah dengan materi yang dipaparkan. Apakah sudah bertugas berdasarkan kode etik jurnalistik dan Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999. "Artinya, dalam melaksanakan tugas jurnalistik, harus sesuai dengan koridor, agar tidak melanggar aturan dan UU yang berlaku," tambahnya.

“Melalui uji kompetensi ini, tentu akan menghasilkan wartawan yang professional. Di isisi lain, dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan wartawan agar citra dan profesionalitas tetap terjaga,” tandas Eman.

Diketahui, sebagai pelaksanan kegaiatan, yakni PWI Kota Tomohon. Diikuti 21 wartawan berasal dari sejumlah biro kabupaten/kota di Provinsi Sulut. (hendra mokorowu)

Sumber: http://www.manadoexpress.co/berita-10908-uji-kompetensi-wadah-tingkatkan-kemampuan-wartawan.html