Selasa, 17 Oktober 2017

Tiga Wartawan PWI Cianjur Lulus UKW

DIUJI: Wartawan Radar Cianjur Deni Abdul Kholik ketika Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat-Sabtu (19-20/2).

POJOKJABAR.com, CIANJUR -Tiga orang wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang bertugas di Kabupaten Cianjur, dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Ketiganya mengikuti UKW yang dilaksanakan PWI Jawa Barat bersama Dewan Pers di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Jumat dan Sabtu (19-20/2).

Ketiga wartawan tersebut, Nanang Rustandi (Radar Cianjur), Deni Abdul Kholik (Radar Cianjur) dan Rini Puji Astuti (TV Cianjur).

“Dengan lulusnya tiga wartawan pengurus dan anggota PWI Cianjur, maka mereka yang pertama lulus UKW tahun ini,” kata Ketua PWI Perwakilan Cianjur, Esya Mahendra.

Esya menyebutkan, ketiga wartawan Cianjur mengikuti UKW untuk jenjang Madya atau sekelas Redaktur. Sedangkan tujuan UKW agar seluruh wartawan memiliki kompetensi, yang bisa diketahui dengan melakukan pengukuran atau ujian.

Diharapkanya, semua wartawan terutama anggota PWI Perwakilan Cianjur harus sudah kompeten dengan ditunjukan memiliki sertifikat UKW, seperti juga profesi lainya.

“UKW juga berguna untuk membedakan antara mereka yang sungguh-sungguh berprofesi sebagai wartawan dan yang hanya berpura-pura sebagai wartawan,” tegasnya.

Sementara itu, Tim Penguji UKW PWI Pusat, Suherlan memaparkan, ada tiga jenjang kompetensi wartawan yakni, jenjang Muda, Madya dan Utama. Agar mudah dipahami, wartawan Muda reporter, yang tugasnya meliput di lapangan, wartawan Madya redaktur, dan wartawan Utama kordinator liputan/pimpinan redaksi.

Mereka ini sudah harus mampu membuat rencana liputan di bidang yang dikelolanya, mulai dari yang rutin maupun investigatif. Sedangkan wartawan Utama sekelas pemimpin redaksi mereka yang sudah bertugas membuat kebijakan liputan, mampu membuat evaluasi liputan, membuat rencana pembiayaan kegiatan operasional, menulis tajuk rencana, dan lainnya.

Terpisah, Ketua Panitia UKW, Sri Sumarni memaparkan, UKW yang dilaksanakan PWI Jawa Barat angkatan sembilan yang mendaftar sebanyak 165 orang. Dari jumlah itu 26 orang mengikuti UKW dan dinyatakan lulus 23 orang, sementara 3 orang lagi tidak lulus.

“Mudah-mudahan tahun depan PWI Jawa Barat melaksanakan UKW lagi dengan harapan wartawan di Jawa Barat lulus UKW dan memiliki sertifikat sebagai wartawan berkompeten atau profesional,” imbuhnya.

(radar cianjur/den)

Sumber: jabar.pojoksatu.id