loader

  • Beranda   >
  • Dispora Kukar Gelar Pelatihan Jurnalistik Olahraga dan Uji Kompetensi Wartawan

Dispora Kukar Gelar Pelatihan Jurnalistik Olahraga dan Uji Kompetensi Wartawan

img

Dispora Kukar Gelar Pelatihan Jurnalistik Olahraga dan Uji Kompetensi Wartawan



TENGGARONG - 

Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pelatihan jurnalistik olahraga dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di hotel Grand Fatma Tenggarong, 13 - 15 November 2023.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Dispora Kukar dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kukar Kaltim dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Menurut Zukran - Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kukar mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan upaya Dispora Kukar dalam membangun prestasi olahraga di kukar, dengan memberikan pelatihan jurnalistik sekaligus uji kompetensi wartawan agar kualitas produk berita semakin baik demi kemajuan olahraga daerah Kukar.

"Pelatihan ini bagian upaya kami untuk meningkatakan kualitas berita rekan-rekan wartawan khususnya pemberitaan olahraga sehingga bisa memotivasi warga untuk berolahraga dan meningkatkan prestasi atlet," ucapnya.

Sebanyak 36 orang wartawan PWI dan 17 orang wartawan IJTI selama 3 hari dilatih dan diuji agar pengetahuan mengolah berita semakin berkualitas dan profesional sekaligus di uji dengan standard kompetensi Dewan Pers,  muda, madya maupun utama.

Sementara itu, Joko Tetuko ketua tim penguji UKW PWI Pusat menyampaikan pelatihan dan uji kompetensi wartawan ini merupakan program prioritas PWI Pusat.

"Saat ini PWI memiliki program prioritas yakni pendidikan wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Sekolah Jurnalistik Indonesia," ungkap Joko.

Peserta UKW diuji pengetahuan tentang UU pers nomer 40/1999, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), laporan investigasi dan menulis tajuk.(*)