loader

  • Beranda   >
  • UKW PWI Sumut Angkatan 59-60, 6 Orang Belum Kompeten

UKW PWI Sumut Angkatan 59-60, 6 Orang Belum Kompeten

img

UKW PWI Sumut Angkatan 59-60, 6 Orang Belum Kompeten



Medan, Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Sumut angkatan 59 dan 60, selama dua hari di Swiss Belinn Medan resmi ditutup, Rabu (8/11/2023). Dari 48 peserta yang mengikuti ujian, 42 orang lulus kompeten dan 6 orang dinyatakan gagal.

"Bagi peserta yang belum kompeten jangan kecil hati. Yang belum kompeten itu hanya yang gagal. Mari belajar dan terus belajar. Belajar meningkatkan kemampuan, yakinlah pasti memberikan kebaikan dan menguntungkan pribadi, " ujar Direktur UKW PWI Pusat Firdaus Komar saat memberi sambutan mewakili Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun.

Selanjutnya, Firdaus Komar yang juga salah satu tim penguji  menyampaikan rasa salut akan kinerja Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE yang bisa menyelenggarakan UKW atas kerjasama dengan pihak ketiga. "Tentu dengan harapan bisa menjadikan wartawan Imdonesia lebih berkualitas dan  profesional," ujar Firdaus.

Begitu juga kepada para jajaran stakholder, Firdaus menyampaikan apresiasi yang telah berkenan membantu dan peduli terhadap PWI untuk  menyelenggarakan UKW. 

"Ini membuktikan tanggungjawab PWI lebih besar. Wartawan garda terdepan dalam penyampaian berita. Semua berharap outputnya menjadikan wartawan yang profesioanal dan berkualitas karya jurnalistik. Sehingga dapat mencerdaskan masyarakat melalu informasi yang bagus," tambahnya seraya menyebutkan UKW merupakan target tahapan tugas jurnalistik, dan fungsi pers.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE mengaku prihatin dengan adanya 6 orang peserta yang dinyatakan belum kompeten. Farianda tetap mengajak agar wartawan tidak perlu kecil hati namun harus tetap semangat dan berusaha. 

"Enam bulan lagi ayo coba ikut UKW lagi sambil berusaha dan belajar. Kita akan prioritaskan. Kami selaku Parhobas (pelayan) akan tetap melayani memfasilitasi seluruh amggota bagaimana biar bisa senang," ucap Farianda.

Ditambahkan Farianda lagi, pihaknya sudah menerapkan bila untuk masuk anggota PWI Sumut, wartawannya harus lulus UKW dulu. "Kita berharap wartawan profesional dan kompeten sehingga dapat menyajikan berita yang berkualitas kepada masyarakat. Ke depan semoga lebih baik," harap Farianda.

Sebelumnya, salah satu tim penguji M Syahrir menyampaikan hasil UKW angkatan 59, 60 menghasilkan 42 wartawan yang kompeten. Sedangkan 6 orang dari 48 peserta dinyatakan belum kompeten. 

Ditambahkan M Syahrir, UKW PWI Sumut angkatan 59 dan 60 merupakan yang ke 755 kalinya pelaksanaan UKW dengan 18.454 peserta di seluruh Indonesia. (lamru)