• Beranda   >
  • Desa Belangian, Salah Satu Spot Lomba Karya Jurnalistik di Porwanas XIV

Desa Belangian, Salah Satu Spot Lomba Karya Jurnalistik di Porwanas XIV

img

Desa Belangian, Salah Satu Spot Lomba Karya Jurnalistik di Porwanas XIV



Desa Wisata Belangian merupakan sebuah desa yang berada dibagian paling ujung waduk riam kanan, perjalanan menuju Desa Wisata Belangian merupakan sebuah petualangan yang mengasikkan, diawali dengan menggunakan kendaraan menuju Waduk Riam Kanan, bendungan terbesar di Kalimantan  Selatan yang memakan waktu sekitar 45 menit dari Banjarbaru. Perjalanan Kemudian akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu (Kelotok), 2 jam perjalanan membelah air waduk takkan terasa, sebab selama perjalanan itu mata kita akan dimanjakan dengan deretan pegunungan Meratus nan indah biru menjulang beratapkan awan putih bersih dengan pulau-pulau kecil ditengah waduk / danau Riam Kanan. 

Desa Belangian adalah salah satu dari 12 desa yang berada di Kecamatan Aranio. Luas Desa Belangian ±21,24 km2 yang terdiri dari hamparan hijau dan perbukitan seluas ±1800 ha. Selebihnya adalah hutan lebat yang didalamnya terdapat bermacam-macam jenis kayu dan binatang-binatang liar. Sungai yang membelah Desa Belangian adalah Sungai Kalaan yang berhulu dibawah Gunung Kahung.

Nama Belangian diambil dari sebuah telaga/teluk yaitu Teluk Belangian. Kata Belangian berasal dari bahasa Dayak Hulu atau pedalaman yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Balai” dan “Ngian”. Balai adalah suatu tempat untuk pertemuan atau tempat untuk mengadakan suatu upacara adat. Ngian artinya makhluk halus atau orang-orang gaib. Jadi Belangian berarti tempat pertemuan untuk mengadakan upacara adat bagi orang halus/gaib.

sumber : siforestka