• Beranda   >
  • Hasil Audit UKW-BUMN Sebut Tidak Ada Penyimpangan

Hasil Audit UKW-BUMN Sebut Tidak Ada Penyimpangan

img

Hasil Audit UKW-BUMN Sebut Tidak Ada Penyimpangan



Ketua Umum  Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Ch Bangun mengumumkan laporan audit atas program pendidikan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang disponsori Forum Humas BUMN alias UKW-BUMN Gate. "Hasilnya tidak ditemukan penyimpangan yang material dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran atas program UKW," kata Hendry seusai rapat pleno Pengurus Harian PWI pada Selasa, 23 Juli 2024 di Gedung Pers Lantai IV, Jakarta.

Hendry memaparkan, berdasarkan laporan akuntan independen atas penerapan prosedur yang disepakati atas program pendidikan dan UKW  PWI Pusat periode 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024 dengan nomor 008/HT/LAI/VII/24 tersebut selain tidak menemukan penyimpangan juga PWI Pusat telah melaksanakan sepenuhnya Surat Keputusan yang dikeluarkan Ketua Umum terkait tatacara pembagian insentif. Namun PWI Pusat diminta meninjau kembali Surat Keputusan mengenai peruntukan cashback karena dinilai rancu dengan istilah gratifikasi. "Selain itu PWI Pusat disarankan mengimplementasikan SOP yang telah dibuat Pengurus," kata Hendry.

Dengan demikian, kata Hendry, pihak-pihak yang menyebutkan bahwa telah terjadi pelanggaran dan/atau penyimpangan dalam pelaksanaan program UKW yang dibiayai sponsorship dari Forum Humas BUMN adalah tidak benar. "Tuduhan tersebut sama sekali tidak benar," tegas Hendry. Tak hanya itu, Hendry juga menyebut  telah mendapat persetujuan dari rapat pleno untuk mengesahkan laporan akuntan independen dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar tersebut. "Rapat pleno telah secara bulat memberikan persetujuan untuk mengesahkan laporan audit tersebut" kata Hendry.