loader

  • Beranda   >
  • Konkernas PWI 2024 Tetapkan Kalsel sebagai Tuan Rumah HPN 2025 dan Sumut untuk Porwanas 2027

Konkernas PWI 2024 Tetapkan Kalsel sebagai Tuan Rumah HPN 2025 dan Sumut untuk Porwanas 2027

img

Konkernas PWI 2024 Tetapkan Kalsel sebagai Tuan Rumah HPN 2025 dan Sumut untuk Porwanas 2027



Banjarmasin — Konferensi Kerja Nasional (Konkernas PWI 2024) yang diselenggarakan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (21/8/2024), melahirkan sejumlah keputusan penting.

Dalam pertemuan ini, secara aklamasi ditetapkan bahwa pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2025 akan dipindahkan dari Riau ke Kalimantan Selatan. Sementara itu, Medan, Sumatera Utara, ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2027.

Konkernas PWI 2024 juga menolak Kongres Luar Biasa (KLB) PWI yang baru-baru ini digelar di Jakarta, serta memberikan dukungan penuh kepada Hendry Ch Bangun sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028.

Dengan tema "Merawat Kebersamaan Menuju PWI yang Lebih Baik," Konkernas PWI 2024 dihadiri oleh ketua dan pengurus dari 30 PWI Provinsi. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun.

Dalam sambutannya, Hendry Ch Bangun menegaskan bahwa tidak ada dualisme dalam kepengurusan PWI Pusat. Kepengurusan yang sah adalah hasil Kongres PWI di Bandung pada 27 September 2023, yang mengangkat dirinya sebagai Ketua Umum PWI Pusat.

Hendry juga mengecam KLB yang diinisiasi oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan PWI. Menurutnya, KLB tersebut diselenggarakan oleh pengurus yang telah dipecat karena melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PWI, sehingga KLB tersebut tidak sah dan ilegal.

“KLB itu diselenggarakan oleh orang-orang yang sedang mengigau. Mereka adalah pengurus yang sudah diberhentikan karena melanggar AD/ART. KLB PWI itu tidak sah dan ilegal," tegas Hendry Ch Bangun.

Sejak terpilih, Hendry Ch Bangun menyebutkan bahwa dirinya telah berhasil merealisasikan sejumlah program kerja, termasuk meningkatkan profesionalisme dan wawasan kebangsaan wartawan melalui Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI).

Sejak 27 September hingga saat ini, PWI Pusat telah berhasil mengadakan 20 kali UKW gratis di berbagai provinsi. Hendry Ch Bangun juga menegaskan bahwa hingga akhir Desember 2024, UKW gratis akan dilaksanakan di 38 provinsi, termasuk satu sesi di PWI Solo.

Selain itu, Program SJI gratis telah terlaksana di empat provinsi dan akan segera disusul di empat provinsi lainnya, termasuk Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Hendry Ch Bangun juga menegaskan bahwa PWI Pusat di bawah kepemimpinannya terus menjadi mitra strategis dalam berbagai kegiatan, termasuk edukasi dan sosialisasi Pilkada Damai. Di tingkat internasional, PWI masih diakui sebagai mitra terpercaya oleh Korea Selatan dan China.

"Di tengah dinamika organisasi dan berbagai tantangan masa depan, PWI tetap diakui eksistensinya dan terus mendapatkan kepercayaan tinggi dari berbagai pemangku kepentingan," pungkas Hendry Ch Bangun.