• Beranda   >
  • Pers Miliki Peran dalam Pengawasan Pilkada

Pers Miliki Peran dalam Pengawasan Pilkada

img

Pers Miliki Peran dalam Pengawasan Pilkada



PALANGKA RAYA, PPOST

Penyelenggara Pemilu sudah memulai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang puncaknya dilaksanakan pada November 2024 mendatang. Oleh karena itu seluruh pihak diminta untuk turut mengawal dan mengawasi seluruh tahapan pemilihan umum ini, termasuk kalangan jurnalis.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan, peran pers memiliki peran dalam pengawasan pemilu, karena pers salah satu pilar demokrasi. 

"Partisipasi masyarakat akan meningkat jika pers turut bergerak aktif. Maka pers memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan rekam jejak masing-masing calon secara independen dan objektif. Ini sangat vital agar Pilkada sukses dan berhasil," ungkap Hendry, kemarin di Palangka Raya.

Di tempat yang sama Ketua PWI Kalteng, M Zainal, menyebut bahwa PWI Kalteng siap mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar November mendatang. Salah satu bukti, PWI Kalteng menggelar Diskusi Publik menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan tema "Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024: Pilkada Sukses, Keamanan Terjaga". 

“Acara ini bertujuan untuk mendukung terselenggaranya Pilkada yang aman dan sukses di wilayah Kalteng,” kata Zainal.

Menurutnya, dukungan dan peran aktif seluruh elemen bangsa sangat penting untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024. Insan pers juga termasuk dalam elemen penting tersebut. 

"Kita semua tentu menyadari, agar Pilkada Serentak dapat berlangsung dengan aman dan sukses, mutlak diperlukan dukungan dan peran serta aktif seluruh elemen bangsa, termasuk juga insan pers seperti PWI," terangnya.

Pelaksanaan diskusi publik yang digelar PWI Kalteng ini mendapat respon positif dari berbagai kalangan di daerah setempat, termasuk Pemerintah Provinsi Kalteng.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengapresiasi PWI Kalteng atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan diskusi publik tersebut. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PWI Kalteng," kata Edy Pratowo.

Ia menyampaikan, Pilkada merupakan momen penting dalam demokrasi. Momen ini harus disambut dengan antusias. 

"Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada merupakan pesta demokrasi yang patut disambut dengan penuh kegembiraan. Melalui Pilkada ini, masyarakat dapat memilih pemimpin-pemimpin terbaik bagi keberlanjutan dan kemajuan pembangunan di daerahnya, khususnya di Bumi Tambun Bungai yang kita cintai," ucapnya.

Kapolda Kalteng Irjen Djoko Poerwanto juga menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya seluruh lapisan masyarakat memiliki peran agar Pilkada terlaksana dengan aman dan nyaman. 

“Maka kegiatan diskusi publik ini sangat baik dan penting. Seluruh lapisan masyarakat termasuk seluruh unsur yang ada di Kalteng, termasuk pers memiliki peran yang sama dalam mensukseskan Pilkada,” kata Djoko.