loader

  • Beranda   >
  • Rangkaian Hari Pers Nasional, Sinergi PLN dan PWI Surakarta Hijaukan Kota Solo dengan 1.000 Bibit Pohon

Rangkaian Hari Pers Nasional, Sinergi PLN dan PWI Surakarta Hijaukan Kota Solo dengan 1.000 Bibit Pohon

img

Rangkaian Hari Pers Nasional, Sinergi PLN dan PWI Surakarta Hijaukan Kota Solo dengan 1.000 Bibit Pohon



SOLO, --Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut peduli dengan penghijauan di Kota Solo, dengan menyerahkan 1.000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk ditanam di sejumlah titik.

Penyerahan bibit pohon tersebut dilakukan di sela-sela acara “Ngobrol Bareng Pariwisata” sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta. 

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi kepada Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa yang didampingi Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul bertempat di Prangwedanan Pura Mangkunegaran Surakarta, Senin (4/3/2024). 

Mochamad Soffin mengatakan, penyerahan bibit penghijauan tersebut merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap pelestarian alam dan penghijauan kota, termasuk untuk Kota Solo. 

“Kepedulian penghijauan dan pelestarian lingkungan juga menjadi program PLN. Dalam kesempatan ini kami menyerahkan bibit pohon untuk bisa dimanfaatkan bagi kelestarian dan keasrian Kota Solo,” ungkap Mochamad Soffin. 

Sementara itu, Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa yang mewakili Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan bibit penghijauan untuk Kota Solo. 

“Kota yang nyaman itu juga ditentukan oleh keasrian dan keteduhan kotanya. Maka dengan adanya bibit pohon dari PLN ini bisa dimanfaatkan untuk keasrian kota. Terima kasih juga kepada PWI Surakarta yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Wisatawan juga akan betah tinggal di Solo jika alamnya teduh oleh pepohonan. Semua pihak harus peduli dengan penghijauan,” kata Wakil Walikota. 

Sebanyak 1.000 bibit pohon tersebut selanjutnta bakal diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta dan dikelola pemanfaatannya. Ada banyak ragam pohon yang diserahkan mulai dari tabebuya, asem, sirsat, rambutan, kelengkeng, mangga dan ketarang kencana.

Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul menambahkan bahwa rangkaian HPN 2024 di Surakarta diperingati dengan berbagai ragam kegiatan mulai dari tirakatan, sarasehan ekonomi pasca Pemilu, santunan sosial, pelatihan, ngobrol bareng pariwisata hingga program penghijauan. Semua dilakukan dengan menggandeng para mitra. 

“Tentu kegiatan ini sangat spesial, karena dapat meningkatkan kepedulian untuk memelihara bumi sebagai tempat hidup dan berkehidupan dengan cara bersungguh-sungguh dalam penyelamatan bumi dari kerusakan. Dengan cara menghijaukan bumi dengan ajakan menanam pohon," tandas Anas.

Anas menambahkan, untuk rangkaian kegiatan HPN dilaksanakan sejak awal Februari. “Ada kegiatan untuk internal, tetapi ada pula kegiatan-kegiatan yang menangkap isu-isu dinamika masyarakat. Salah satunya soal penghijauan maupun ngobrol tentang pariwisata karena juga menyangkut hajat hidup orang banyak,” papar Anas.

Untuk program penghijauan Kota Solo dilakukan dengan bentuk penyerahan 1.000 bibit pohon kepada Pemkot Solo. PWI Surakarta menggandeng PT PLN. Penyerahan dilakukan bebarengan dengan acara ‘Ngobrol Bareng Pariwisata” bertema “Wisata Solo, Menyala Abangkuh! Menjaga Keberlanjutan Pariwisata Surakarta”. 

Adapun Ngobrol Bareng Pariwisata mengundang narasumber Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X, GM PLN UID Jateng DIY Mochamad Soffin Hadi, Ketua BPPD Kota Solo, Retno Wulandari dan Pengamat Pariwisata UNS, Drs. BRM Bambang Irawan, M.Si. Mereka yang hadir dalam acara tersebut para stake holder pariwisata mulai dari pengelola tempat wisata, asosiasi yang bergerak di sektor wisata, pengambil kebijakan dan kalangan kampus. (*)