loader

  • Beranda   >
  • Satgas Anti Hoax gandeng Noventiq Kampanyekan Kecerdasan Buatan

Satgas Anti Hoax gandeng Noventiq Kampanyekan Kecerdasan Buatan

img

Satgas Anti Hoax gandeng Noventiq Kampanyekan Kecerdasan Buatan



JAKARTA: Perkembangan teknologi komputasi terutama kecerdasan buatan bagi jurnalisme dan profesi wartawan menuntut pemahaman yang baik dari seluruh pemangku kepentingan industri media massa.

“Melihat kebutuhan ini Satuan Tugas Anti Hoax PWI Pusat bekerjasama dengan Noventiq yang merupakan mitra utama raksasa Microsoft untuk menggelar pelatihan pemahaman kecerdasan buatan Copilot bagi wartawan dalam waktu dekat,” tutur Budi Nugraha, Ketua Satgas Anti Hoax PWI Pusat, Rabu (17/7).

Microsoft Copilot adalah sebuah platform dari Microsoft untuk mengeksekusi perintah tertentu sesuai keinginan pengguna. Umumnya, perintah bagi Copilot adalah instruksi atau pertanyaan yang digunakan untuk memberi tahu copilot apa yang diinginkan. 

Perintah atau pertanyaan tersebut dapat mencakup empat bagian: tujuan, konteks, ekspektasi, dan sumber. Semakin spesifik perintah kepada Copilot maka akan semakin akurat hasil perintah tersebut.

Dengan memahami Copilot, wartawan masa kini yang makin produktif karena dituntut cepat dan akurat dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Berkat Copilot yang beroperasi di Microsoft 365 wartawan semakin dimudahkan dalam hal pencarian, manajemen data bahkan melakukan cek fakta sebagai pendukung latar berita yang disusun.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat Raja Pane Parlindungan dan Bendahara PWI Pusat, M. Nasir menemui dua perwakilan Noventiq Rizal Taufieq dan Muhammad Mahdi.

Sementara dari tim Satgas Anti Hoax PWI Pusat selain Budi Nugraha hadir Wilson Lumy (Wakil Ketua Satgas), Tundra Meliala (Bendahara), Arie Julianto (Koordinator IT), Umi Syarifah (Sekretaris) Algooth Putranto (Koordinator Riset).

Perwakilan Noventiq Rizal Taufieq menjelaskan asisten digital dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), Copilot, pada sistem operasi Windows 11 memiliki keunggulan yang akan memudahkan profesi wartawan saat ini.

Hal ini didapatkan karena Copilot menggabungkan konteks dan kecerdasan jaringan, data pekerjaan pengguna di PC ataupun laptop untuk memberikan dukungan yang lebih baik, serta mengutamakan privasi dan keamanan pengguna.

Menurut Rizal Taufieq pihak Noventiq siap memberikan pelatihan bagi sejumlah wartawan dari berbagai media untuk memahami lebih mendalam tentang cara kerja operasionalisasi kecerdasan buatan Copilot.

Noventiq adalah penyedia solusi dan layanan global terkemuka dalam transformasi digital dan keamanan siber, yang berkantor pusat di London. Perusahaan ini memungkinkan, memfasilitasi, dan mempercepat transformasi digital untuk bisnis pelanggannya, menghubungkan organisasi di berbagai industri yang komprehensif dengan vendor TI terbaik di kelasnya, di samping layanan dan solusi miliknya sendiri.