loader

  • Beranda   >
  • UKW PWI Fasilitasi Dewan Pers Sukses digelar di Kalimantan Barat

UKW PWI Fasilitasi Dewan Pers Sukses digelar di Kalimantan Barat

img

UKW PWI Fasilitasi Dewan Pers Sukses digelar di Kalimantan Barat



Pontianak - Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indoensia (IJTI) yang difasilitasi Dewan Pers pada 26-27 Juli 2024 di Hotel Harris Pontianak secara resmi ditutup pada Sabtu sore.

Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya yang turut membersamai UKW dua hari ini mengatakan, penting bagi wartawan untuk menjaga kehormatannya dengan tetap berintegritas dan memiliki kompetensi.

“Saya berharap bukan hanya dewan pers dan teman-teman lembaga uji yakni IJTI dan PWI bagaimana bersama-sama terus mendorong wartawan menjaga kehormatannya dengan memiliki kompetensi diprofesinya,”kata Agung.

Agung menambahkan kegiatan UKW ini merupakan implementasi nyata dari keseriusan dewan pers untuk memastikan setiap wartawan tersertifikasi.

“UKW yang dilaksanakan ini Bagian dari keseriusan dewan pers untuk memastikan tiap-tiap wartawan memiliki sertifikasi,” tambah Agung.

Ketua PWI Kalbar Kundori mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pers tahun ini telah memfasilitasi UKW di Kalimantan Barat yang diikuti dengan antusiasme wartawan Kalbar.

Namun yang memenuhi standar dan lolos administrasi 30 peserta dari berbagai media cetak maupun online yang dibagi kelas jenjang Muda dan Madya.

“Peserta tahun ini sangat antusias. Namun saat UKW berlangsung kalau memang tidak kompeten maka tidak diluluskan. Dimana nilai yang diraih minimal dengan nilai setidaknya 70,”jelas Kundori.

Kundori juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun yang terus mendorong program UKW di Indonesia, salah satunya di Kalimantan Barat.

“Untuk Kalbar sendiri pada bulan Juli sudah dua kali UKW. Pada awal bulan lalu kita gelar secara mandiri kerjasama dengan salah satu perusahaan BUMN. Sekarang UKW kerjsama Dewan Pers,” jelas Kundori yang juga menjadi calon penguji magang pada UKW.

Untuk PWI, dari 30 peserta yang mendaftar, ada 28 peserta yang hadir kemudian terdapat 27 wartawan yang dinyatakan kompeten, 1 belum kompeten. Sedangkan untuk IJTI hingga penutupan belum diumumkan hasilnya. **